Senin, 17 Oktober 2016

Pengertian Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP



Pengertian Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP

Ekstensi dan dial plan server voip analoginya seperti pabx. ekstensi adalah data client subscriber voip, misal kompie 1 ekstensinya 001, dlsb , sedangkan dialplan adalah bagaimana routing untuk menghubungkan antar ekstensi, bahkan meskipun ekstensi tersebut diluar IP-Pabx.

softswitch itu server switch/trunk berbasis software. intinya dia menyediakan layanan server untuk semua jenis layanan voip: voice, video, data, dlsb. ada dua kelas kelas 4 dan 5. kelas 4 softswitch adalah antar softswitch, class 5 adalah untuk layanan ke end user

Dalam sintax yang digunakan di file extensions.conf , setiap tahapan perintah dalam sebuah extension di tulis dalam format exten = extension,priority,Command(parameter) Kesimpulannya, sebuah “context” mempunyai nama, seperti “john”. Setiap context, kita dapat mendefinisikan satu atau lebih “extension”. Setiap extension, kita dapat mendefinisikan sekumpulan perintah. Komponen yang membangun tahapan perintah extension atau command line adalah sebagai berikut,
  1. Extension adalah label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf dan simbol yan diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai label yang sama.
  2. Priority biasanya berupa angka integer. Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang akan dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension. Setelah prioritas 1 di jalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan. Jika ternyata perintah selanjutnya ternyata tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.
  3. Command atau perintah adalah “aplikasi” yang akan di jalankan oleh Asterisk.
  4. Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter,  beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter.
Sumber : https://silinux29.wordpress.com/2016/02/01/konfigurasi-ekstensi-dan-dial-plan-pada-softswtich/

-----------------------> Semoga Bermanfaat <---------------------------
Previous Post
Next Post

0 komentar: