Sabtu, 24 September 2016

Membuat Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Menggunakan Unity + Vuforia SDK

AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.

Yang dibutuhkan dalam membuat aplikasi AR yaitu :
Install unity hingga selesai. Setelah install selesai, create new project pada unity.
aDouble klik plugin vuforia ( .unitypackage). Kemudian akan muncul konfirmasi apa saja yang akan diimport ke dalam project. Biarkan default (terselect semua) dan klik import.
b
Langkah pertama pilih FILE lalu pilih BUILD SETTING. Pilih platform Android, kemudian klik Player Setting. Isikan company dan product name. Pada kolom Inspector carilah ‘Default Orientation’ ubahlah menjadi ‘Landscape Left’. Carilah ‘Bundle Identifire’ pada Other Setting lalu ubah namanya. (ex : com.cca.ar_tutorial). Ubah ‘Minimum API Level’ menjadi ‘Android 4.0 (API Level 14)’. Lalu pilih Switch Platform pada Build Setting.
cd
Setelah itu pilih EDIT -> Preferences -> External Tools. Letakkan folder sdk pada ‘Android SDK Location’.
e
Pada kolom project di unity pilih Assets -> Qualcomm Augmented Reality -> Prefabs , kemudia drag ARCamera dan drag Image Target ke kolom Hierarchy. Hapus Main Camera pada kolom Hierarchy.
f
g
Pilih Image Target, pada kolom Inspector carilah ‘Image Target Behaviour’ klik “No target defined..”. Untuk mengupload marker buka situs http://developer.vuforia.com dan pastikan Anda telah login. Jika Anda belum memiliki account Anda dapat melakukan registrasi terlebih dahulu. Selanjutnya Anda dapat mengklik Target Manager untuk management Image Target atau marker Anda. Selanjutnya akan muncul seperti pada gambar di bawah. Klik ‘Create database’. Kemudian beri nama database baru Anda dan klik ‘Create’. Aetelah selesai Anda baru saja membuat sebuah database gambar baru. Setiap database dapat memiliki lebih dari satu marker, dan Anda dapat menggantinya pada program Anda. Klik database baru Anda untuk melihat isi database gambar Anda. Klik ‘Add Target’ untuk menambah marker. Kemudian Anda akan diberi sebuah form untuk mengupload marker Anda. Isikan form sesuai kebutuhan Anda dan upladi Marker Anda. Tunggulah dengan sabar, proses upload mungkin akan memakan waktu lama tergantung koneksi Anda. Setelah proses upload akan ditampilkan marker apa saja yang Anda punyai, silahkan centang mana saja yang akan anda gunakan, kemudian klik ‘Download Selected targets’. Ketika download Anda akan diberikan pilihan untuk target apa marker Anda. Pilihlah ‘Unity Editor’ karena Anda menggunakan unity untuk membuat project AR. Kemudian downloadlah file marker Anda dalam pentuk .unitypackage yang siap diimport ke unity.
Double klik marker yang sudah di download, lalu import ke dalam unity.
h
Carilah ‘Data Set’ lalu klik ‘EMPTY’ pilih nama marker yang telah kita import tadi.
i
Pada folder ‘Asset’ klik kanan Create -> Folder. Buat folder untuk meletakkan object. Object 3d yang digunakan adalah object yang berekstensi ( .fbx ). Letakkan object kedalam folder tersebut lalu drag object ke dalam Image Target.
j
Pada kolom Inspector ARCamera carilah ‘Data Set Load Behaviour’, centang ‘Load Data Set ….’ Dan centang ‘Activate’.
klSetelah itu pilih GAME OBJECT -> Create other -> Directional Light. Atur cahaya sesuai keinginan.
Setelah selesai semua pilih FILE -> BUILD SETTING -> BUILD -> Save APK
Copy APK ke Hp anda lalu Install
 -----------------------------> Semoga Bermanfaat <-----------------------------

Previous Post
Next Post

0 komentar: